Halaman

Senin, 19 Agustus 2013

Dari Saya Untuk BLS FHUI*

         Bergabung dalam keluarga besar organisasi BLS FHUI merupakan sebuah kebanggaan bagi saya pribadi. Hal ini karena organisasi BLS FHUI merupakan satu-satunya organisasi mahasiswa hukum yang fokus di bidang kajian dan pengembangan hukum bisnis di Indonesia. Dalam perkembangannya, BLS FHUI mampu mengembangkan program-program konstruktif yang membangun pengetahuan dan keilmuan mahasiswa khususnya di bidang hukum bisnis, bahkan BLS FHUI pula yang mampu menyelenggarakan sebuah kompetisi di bidang hukum bisnis tingkat mahasiswa satu-satunya di Indonesia, sehingga manfaat dari keberadaan organisasi BLS FHUI ini tidak hanya dirasakan oleh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia saja, namun juga telah memberikan mafaat yang nyata bagi pengembangan hukum bisnis di Indonesia. Kemasyhuran itulah yang mendorong saya pribadi mengikuti Training Day pada bulan Oktober 2012 lalu dengan tujuan mendapatkan ilmu tentang hukum bisnis serta menjadi bagian dari keluarga besar BLS FHUI.
            Kebanggaan menjadi bagian dari keluarga besar BLS FHUI tersebut tentu bukanlah dimaknai dengan hanya berpangku tangan dalam perkembangan organisasi ini, namun kebanggaan tersebut menuntut bukti yang nyata untuk turut serta dalam membangun organisasi ini. Bukti tersebut harus diimplementasikan dalam sebuah tindakan nyata bagi kemajuan BLS FHUI dalam berbagai hal, dan salah satunya adalah dalam hal kepengurusan BPH BLS FHUI. Dalam kaitannya dengan hal ini maka saya pribadi merasa terpanggil untuk turut serta menjadi bagian dari kepengurusan BPH BLS FHUI.
        Berbagai pertimbangan dan alasan mendasari saya untuk turut serta dalam kepengurusan BLS FHUI ini, diantaranya yang paling mendasar adalah karena kebanggaan saya kepada BLS FHUI sebagai sebuah organisasi yang berkompeten di bidang kajian hukum bisnis, sehingga mendorong saya untuk ikut serta memajukan organisasi ini dari dalam dengan masuk kepengurusan BPH BLS FHUI.
            Dalam kepengurusan suatu organisasi, tentu terdapat pembagian posisi dan tugas yang berbeda antara satu posisi dengan yang lain dengan tujuan mengoptimalkan kerja organisasi tersebut. Hal ini juga berlaku dalam BPH BLS FHUI, dengan kepengurusan yang terbagi dalam berbagai divisi yang membawahi bidang-bidang tertentu, yaitu Direktur Eksekutif, Wa DE Kajian yang membawahi bidang Capital Market and Securities (CAPTIES), Energy & Natural Resources (ENRO), Intellectual Property & Technology (IP TECH), Banking & Finance (BAFIN), Wa DE Organisasi yang membawahi bidang Relasi dan Urusan Internal, Relasi dan Urusan Eksternal, Desain Teknologi dan Dokumentasi, Sekretaris Umum, Wa Sekretaris Umum, Bendahara Controller, Bendahara Treasury dan bidang Fund Raishing. Berbagai posisi ini memiliki tugas yang berbeda satu sama lain namun tetap saling terhubung satu sama lain. Dalam kaitannya dalam hal ini, saya pribadi memilih posisi Wakil Sekretaris Umum dalam kepengurusan BPH BLS FHUI.
            Berbagai pertimbangan dan alasan juga mendasari saya memilih posisi sebagai Wakil Sekretaris Umum. Posisi ini menrut hemat saya merupakan sebuah posisi yang banyak turut andil menentukan jalannya sebuah organisasi karena berkaitan dengan berbagai dokumen yang penting bagi organisasi. Dengan pertimbangan itulah saya memilih posisi ini dengan alasan bahwa dengan pengalaman saya dalam berbagai kepanitiaan khususnya di masa SMA lampau sebagai sekretaris, saya dapat menyumbangkan kemampuan yang saya miliki untuk BLS FHUI karena dengan tugas yang tidak ringan, posisi Wakil Sekretaris Umum yang berkoordinasi dengan Wa DE bidang Kajian ini tentu bukanlah posisi yang sekedar coba-coba bagi khususnya mahasiswa baru seperti saya yang masih membutuhkan pemahaman organisasi BLS secara mendalam, namun menuntut kemampuan terbaik untuk mengelola tugas dari posisi tersebut.
            Berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan dalam hal pilihan saya terhadap posisi Wakil Sekretaris Umum tentu merupakan sebuah hal yang subjektif, sehingga dalam hal ini pengalaman saya dalam berbagai kepanitiaan khususnya di masa SMA lampau sebagai sekretaris dapat membantu saya untuk menjadi seseorang yang kompeten dalam posisi Wakil Sekretaris Umum tersebut. Sebaliknya sebuah hal yang mungkin dapat menjadikan pengganjal bagi posisi tersebut adalah seringnya bekerja dalam pengaruh suasana atau mood, sehingga hal tersebut bisa menjadi hal yang mengurangi kompetensi saya dalam posisi ini. Namun, dengan kebanggan, komitmen dan loyalitas terhadap BLS FHUI, saya akan terus berusaha menjadi lebih baik dan berkompetensi dalam bidang ini.
            Dalam kaitannya dengan komitmen dan loyalitas, BLS FHUI bagi saya merupakan sebuah kebanggaan sehingga membutuhkan komitmen dan loyalitas dari para anggotanya. Bagi saya, komitmen merupakan hal yang penting bagi sebuah organisasi karena komitmen merupakan sebuah kebulatan tekad atau niat yang tulus nan kuat untuk mencapai sebuah tujuan, dengan tujuan dari organisasi BLS FHUI untuk menjadi organisasi yang terdepan dalam kajian hukum bisnis maka dibutuhkan komitmen yang kuat untuk mencapainya. Komitmen tersebut harus berjalan terus tidak hanya diawal saja, namun terus menguat seiring berjalannya waktu. Selain itu, untuk membentuk organisasi yang solid dan tercapainya tujuan organisasi juga dibutuhkan loyalitas, yaitu sebuah kesetiaan dan semangat pengabdian bagi organisasi, jadi hal inilah yang harus dimiliki oleh siapa saja khususnya yang tergabung dalam kepengurusan BLS FHUI kedepannya untuk membentuk sebuah organisasi yang solid dengan menempatkan kesetiaan dan kepentingan organisasi diatas kepentingan dirinya sendiri mengingat terkandungnya kepentingan umum dalam organisasi tersebut. Kedua hal tersebut, yaitu komitmen dan loyalitas harus diterapkan secara berimbang dan sejalan, karena keduanya saling melengkapi dan mempengaruhi. Dengan menerapkan loyalitas dan komitmen yang kuat dalam berbagai aktivitas di BLS FHUI, maka berbagai tujuan dari BLS FHUI niscaya akan tercapai.
           Hal-hal tersebutlah yang dapat saya persembahkan untuk kemajuan organisasi BLS FHUI, sehingga saya pribadi berharap dalam kedepannya keberadaan organisasi BLS FHUI dapat menjadi sebuah organisasi yang lebih baik dan terdepan dalam pengembangan dan kajian hukum bisnis di Indonesia.

*Gasa Bahar Putra – Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia
** Esai dibuat untuk memenuhi syarat Open Recruitment Badan Pengurus Harian BLS FHUI 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar