Halaman

Senin, 19 Agustus 2013

Media Sosial : Sebuah Kemampuan Untuk Mengubah*

          Sebuah fenomena baru telah lahir di masyarakat. Sebuah hal baru yang mungkin tak pernah terfikirkan akan lahir dan menyebar begitu cepat di tengah masyarakat. Sebuah fenomena yang telah menyebar di seluruh penjuru dunia yang selalu membuat semua orang untuk ingin tahu dan ingin mencoba tentang hal ini. Bagi pisau bermata dua, fenomena ini memberi manfaat dan juga menebar mudharat. Banyak orang menyukainya, namun tak sedikit pula yang mengecamnya. Banyak orang yang naik daun karenanya, namun tak sedikit pula yang jatuh karenanya. Sebuah fenomena yang menuntut kebijaksanaan kita untuk menyikapinya. Sebuah fenomena yang akan terus berkembang dari waktu ke waktu dan fenomena itu adalah media sosial. Fenomena media sosial ini sangat menarik untuk ditelisik dan dibahas lebih jauh. Hal ini karena media sosial ini memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menciptakan hal-hal yang mungkin sebelumnya tidak pernah terfikirkan di dalam benak masyarakat. Kekuatan media sosial ini harus dioptimalkan sedemikian rupa untuk hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat.
            Media sosial dapat difahami sebagai sebuah media di jagad maya atau media online yang terus berkembang dimana para penggunanya dapat saling berinteraksi satu sama lain dengan berbagai kemudahan akses mulai dari biaya yang kecil, sampai kemudahan pengoperasian. Interaksi yang ada dalam media sosial ini tidak hanya terbatas pada penulisan kata-kata atau pengunggahan foto, namun lebih dari itu dengan perkembangan yang semakin pesat, media sosial mampu menciptakan interaksi yang lebih aktual dengan video atau berbagai jenis media lainnya.
            Dalam perkembangannya, media sosial mengalami banyak kreasi dan inovasi sehingga memunculkan banyak sekali jenis-jenis media sosial yang dapat dinikmati oleh semua orang. Berbagai media sosialpun bterbaran di jagad maya, antara lain Facebook, Friendster, Myspace, Twitter, dan sebagainya. Untuk saat ini yang paling populer adalah Facebook, sebuah media sosial dengan pengguna lebih dari 200 juta orang yang didirikan pada tahun 2003 oleh Mark Zuckerberg. Selain itu, ada juga juga media sosial dengan media utama berupa video dimana semua orang dapat mengunggah video yang dibuatnya di jagad maya, yaitu Youtube.
            Munculnya berbagai media sosial tersebut, disambut dengan antusias oleh semua kalangan masyarakat. Saat ini media sosial dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, mulai dari kalangan remaja sampai kalangan orang dewasa, bahkan penggunaan media sosialpun merambah usia anak-anak, walaupun dalam berbagai media sosial peraturan mengenai batas usia pengguna dicantumkan. Pada umumnya, berbagai media sosial mencantumkan batas usia 18 tahun sebagai batas usia maksimal seseorang boleh mengakses media sosial tersebut. Namun, dengan rasa keingintahuan akan media sosial tersebut, tak sedikit anak-anak yang mengelabui situs-situs media sosial tersebut dengan merekayasa usianya, sehingga anak-anak tersebut bisa mengakses media sosial tersebut. Hal-hal seperti inilah yang turut menyebabkan banyak kejadian kejahatan jagad maya yang akhir-akhir ini juga marak terjadi.
            Penyambutan masyarakat akan kehadiran media sosial ini menyebabkan perubahan yang luar biasa. Perubahan tersebut terkait dengan adanya kemudahan komunikasi yang ditawarkan oleh media sosial tersebut dan nyatanya kemudahan komunikasi tersebut dinikmati oleh hampir semua kalangan masyarakat, sehingga menimbulkan perubahan yang massif. Dikatakan sebagai sebuah perubahan yang massif karena penggunaan media sosial ini dilakukan oleh semua kalangan masyarakat dan menyebabkan perubahan pola fikir yang terdapat di dalam masyarakat.
            Peran media sosial dalam menyebabkan perubahan di masyarakat tentunya karena kekuatan yang dimiliki oleh media sosial ini yang sangat besar. Media sosial merupakan sebuah media yang digunakan oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia dimana para penggunanya dapat berkomunikasi satu sama lain secara langsung, sehingga dengan hal ini batas negara ataupun batas waktu sekalipun akan tidak akan menghalanginya. Selain itu, fitur dari media sosial yang sangat beragam ini sangat disukai oleh orang-orang khususnya kalangan remaja yang memang secara psikologis merupakan golongan usia yang mencari jati diri dan selalu ingin untuk mencoba hal-hal baru. Kekuatan seperti itu mendorong adanya perubahan yang besar di masyarakat dan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial, orang-orang dapat dengan mudah melakukan hal-hal yang disukai dan berkreasi di jagad maya tanpa membutuhkan biaya yang besar. Tentunya hal ini dapat menimbulkan akibat yang sangat positif jika dimanfaatkan secara benar, terutama untuk hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat.
            Berbagai perubahan yang diakibatkan oleh media sosial sebenarnya tak asing bagi masyarakat Indonesia. Beberapa tahun lalu, masyarakat Indonesia dihebohkan akan sebuah fenomena video mengenai goyangan chaiya-chaiya yang dilakukan oleh salah seorang anggota Kepolisian Republik Indonesia. Walaupun pada awalnya, video ini menuai kontroversi akibat tugasnya sebagai anggota kepolisian, namun akhirnya hal itu tidak dipermasalahkan dan akhirnya namanya begitu naik daun, sampai-sampai anggota kepolisian tersebut diundang ke Markas besarnya di Jakarta, diundang oleh beberapa pejabat negara dan diundang untuk mengisi acara di berbagai stasiun televisi nasional. Di kampung halamannyapun, anggota kepolisian tersebut disambut bak pahlawan dan diarak keliling kota dengan mobil terbuka. Seiring berjalannya waktu, anggota kepolisian tersebut terus disorot oleh berbagai berita infotainment dan berbagai tawaran kontrak acara hiburanpun datang, sehingga anggota kepolisian tersebut memutuskan untuk meninggalkan dunia kepolisian untuk menjadi seorang artis baru dalam dunia hiburan di Indonesia. Selain itu, banyak pula artis-artis baru bermunculan dari adanya media sosial ini, bahkan dengan adanya media sosial tak sedikit seseorang yang saling mengenal dan kemudian melanjutkan ke jenjang pernikahan untuk membentuk sebuah ikatan rumah tangga.
            Di bidang sosial kemasyarakatanpun, kehadiran media sosial mampu mewarnai kehidupan masyarakat dengan berbagai aktivitasnya. Seperti dengan menggunakan media sosial facebook berbagai gerakan sosial dapat terealisasikan dengan baik, seperti gerakan Koin untuk Prita yang terjadi beberapa tahun yang lalu merupakan sebuah aksi sosial dimana media sosial mampu menjadi wadah penyalur aspirasi masyarakat mengenai kasus yang menimpa seorang korban malpraktik sebuah rumah sakit. Selain itu berbagai gerakan sosial lain mampu diciptakan dari media sosial ini untuk menanggapi berbagai isu yang terjadi di berbaga bidang kehidupan masyarakat, seperti di bidang politik dan hukum.
            Dari hal-hal tersebut dapat diketahui betapa besarnya pengaruh media sosial di dalam kehidupan masyarakat dewasa ini, dimana kekuatan media sosial mampu mengubah paradigma masyarakat di bidang sosial dengan sangat cepat. Pemikiran-pemikiran lama yang sangat kuat memengaruhi masyarakat, terkikis sedikit demi sedikit tergantikan oleh pemikiran-pemikiran baru yang lebih modern. Dengan pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dibidang teknologi dan informasi, media sosial akan terus berkembang mengikuti arus zaman, sehingga adanya perubahan ini harus benar-benar disikapi secara bijaksana agar perubahan yang diakibatkan oleh adanya media sosial ini benar-benar dapat menimbulkan hal-hal positif di masyarakat.

Gasa Bahar Putra – Mahasiswa Universitas Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar